Maret 11, 2009

Lokakarya Internal Video #2

LOKAKARYA INTERNAL VIDEO # 2

RUANG CIPUTAT adalah sebuah tema pengungkapan wajah Ciputat melalui medium video sebagai praksis untuk merepresentasikan hiruk pikuk Ciputat. Pada lokakarya ini akan dilakukan dengan metode riset sosial yang terpadatkan pada beberapa aspek untuk pengungkapannya baik berbicara masalah situs, identitas maupun kesejarahan Ciputat. Program ini bertujuan untuk memproduksi dan mereproduksi wacana melalui bahasa audio visual. Didasari belum atau masih minimnya perekaman perihal Ciputat maka perlu diadakan sebuah program lokakarya untuk memberikan sebuah gagasan kepada publik.

Lokakarya ini dilakukan untuk memberikan kesadaran kritis agar dapat mengartikulasikan pikiran, pendapat, gagasan, rasa, dan keresahannya terhadap realitas disekitarnya dalam sudut pandang personal dan lokakarya ini juga dapat dijadikan ajang saling bertukar pikiran membahas sebuah persoalan di sekitarnya.

Lokakarya ini bertujuan memberikan pemahaman kepada para peserta untuk membangun sikap kritis di dirinya dan sebagai bentuk representasi gagasan dalam bentuk video.

Pada lokakarya ini masing-masing peserta ikut terlibat pada sebuah metode riset sosial, dimana pada metode riset sosial ini peserta diajak terlibat dalam sebuah penelitian (riset) mengenai Ciputat. Para peserta akan diajak untuk secara intens mendalami disiplin keilmuan yang memiliki relevansi dengan tema lokakarya ini dan terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan validitas data-data atau temuan-temuan berkenaan dengan konteks Ciputat. Para peserta dapat dengan bebas menentukan sendiri objek riset sosial yang akan di terjemahkan ke dalam medium video.

Para peserta diajak untuk dapat menemukan sesuatu hal yang menarik untuk direpresentasikan ke dalam video mengenai Ciputat yang dapat dilihat dari berbagai aspek seperti permasalahan sosial, situs-situs penting di Ciputat, identitas yang berbicara mengenai personalitas sebagai satu kesatuan stakeholder Ciputat, demografis dan Geografis Ciputat, Ciputat dilihat dari segi kesejarahannya, Ciputat yang dikenal banyak orang karena disinilah berdirilah sebuah Perguruan Tinggi yang ternama yakni Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan berbicara mengenai kampus UIN Jakarta banyak hal yang dapat dijadikan sebagai objek penelitian/ pembuatan video baik berbicara dari segi sejarah, sosiologis, antropologis maupun secara politis.

Lokakarya ini akan mencoba untuk membaca fenonema sosial yang merupakan bagian integral dari ruang Ciputat berdasarkan atas tiga entitas yakni situs, identitas dan lingkungan yang berada pada kuasi Ciputat. Para peserta dapat menemukan sesuatu hal yang menarik dan menjadi sebuah ’isu’ yang dapat kita rekam sebagai data sejarah yang perlu kiranya untuk merekam artefak-artefak yang mungkin disuatu saat telah hilang dan kita telah merekamnya mengenai aktivitas Ciputat. Perekaman ini penting artinya untuk menghadirkan sebuah pengungkapan atas faktualitas dan tanda-tanda sosial di Ciputat yang tentunya berkaitan dengan persoalan psikologis, sosiologis, antropologis, budaya pop, ekonomi dan politik.

Pada lokakarya ini peserta melihatnya dari segi subyektifitas walaupun data-data sosial tersebut telah didapati dan ditemukan melalui riset sosial baik aspek literaturnya maupun terjun ke lapangan. Pada lokakarya ini para peserta diajak untuk membaca persoalan-persoalan di Ciputat yang berbanding lurus dengan pengalamannya dan pengalaman orang lain sebagai bagian dari fenomena Ciputat.

Para peserta yang terlibat dalam lokakarya ini dapat merumuskan dan mengindentifikasi masalah mengenai persoalan-persoalan yang ada di Ciputat dan menemukan sebuah hal yang menarik yang ditemukan oleh para peserta semisal rumah makan favorit dan terkenal di kalangan mahasiswa UIN ataupun pandangan dan tanggapan masyarakat setelah dibangunnya fly over Ciputat dll.

Lokakarya Internal Video # 2 KOMKA berlangsung selama pada 2 Maret- 27 Maret 2009. Lokakarya ini bekerja dengan metode riset sosial yang akan di pandu oleh mentor dan panitia. Dalam workshop ini masing-masing Partisipan membagi pengalaman sosial dan visualnya dengan diskusi dan presentasi. Hasil akhirnya akan dibuat dengan medium video dengan durasi minimal 1 menit tiap karya, sesuai dengan ide dan persoalan yang akan diangkat dan para peserta dapat juga membuat video baik sendiri-sendiri maupun berkelompok maksimal 4 orang. Proses eksekusi diperkenankan dengan menggunakan medium video berbasis kamera video, handphone, kamera digital, kamera SLR, footage-footage yang mungkin dapat dicari di mana saja seperti di internet atau juga di masing-masing folder komputer seperti foto-foto, dsb.

Peserta Lokakarya sangat diwajibkan membuat sebuah makalah sederhana dari hasil riset yang ia rumuskan dan temukan sebagai program dokumentasi riset.

Jadilah saksi sejarah atas apa yang kamu rekam!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar